Jumat, 08 Februari 2008

Instalasi Ubuntu Desktop

Pastikan booting pertama komputer anda pada drive cdroom.
Jalankan booting dari cd ubuntu anda.
Terdapat beberapa pilihan. Pilihlah Start or install, jangan khawatir karena yang anda jalankan adalah livecd, tidak mempengaruhi sistem anda.
jika anda sudah masuk ke dalam desktop ubuntu, anda dapat mencoba aplikasi-aplikasi yang ada.
Jika ingin menginstallnya, tinggal double klik aja icon install di desktop ubuntu anda.
Langkah-langkah yang di lakukan setelah mengklik icon install:

  1. Pilih bahasa
  2. Pilihan bahasa Anda ini akan menjadi bahasa pengantar proses instalasi Anda, juga bahasa default ubuntu Anda ketika proses instalasi selesai.
  3. Tentukan lokasi Anda
  4. Berikutnya Anda perlu menentukan posisi Anda dalam peta dunia. Ini terkait dengan waktu sistem Anda nantinya.
  5. Tes keyboard
  6. Langkah ini digunakan untuk mendeteksi layout keyboard Anda. Umumnya keyboard di Indonesia menggunakan layout U.S. English.
  7. Menentukan partisi
  8. Ketika sampai di tahap ini, Anda perlu berhenti sebentar, mengambil napas kemudian sedikit berpikir. Ini bukan tahap yang mudah. Jika Anda berniat mempertahankan Windows Anda (dan menginstall ubuntu sebagai dual boot) maka pilihlah pilihan pertama yaitu: “Guided - resize the partition and use the free space“. Sedangkan jika Anda tidak ingin lagi menggunakan Windows, pilihlah pilihan kedua: “Guided - use entire disk“. Dan Anda dapat melakukannya dengan manual.
  9. Migration Assistant
  10. Bagian ini adalah fitur baru ubuntu. Dengan fitur ini, Anda dapat memigrasikan item-item pada account Windows Anda seperti bookmark Firefox, wallpaper, favorites pada Internet Explorer, kontak Yahoo Messenger, dll. Direktori-direktori seperti My Picture dan dan My Document pun akan di backup ke sistem ubuntu Anda.
  11. Menentukan identitas Anda
  12. Berikutnya Anda harus mengisikan beberapa field seperti nama lengkap dan nama yang akan digunakan untuk login ke komputer Anda. Setelah Anda melengkapi formulir ini, klik Forward.
  13. Siap dengan ubuntu?
  14. Sampai tahap ini, instalasi telah selesai. Sistem ubuntu Anda telah siap digunakan. Keluarkan CD/DVD Dewalinux dari CDROM lalu restart!
Selamat mencoba ubuntu

bagi yang ada menemukan kesalahan pada postingan ini.teman teman harap koreksi lewat komentar...
makasih.

keboaja

0 komentar:

aya da duk kan

Template by : kendhin x-template.blogspot.com